Kepala

 

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana

Kabupaten Semarang

Dra. ROMLAH

Pembina Utama Muda

NIP. 19650424 198903 2 009

 

 

Link

Laporan Online

Pendataan Keluarga

 Produk Hukum

Pemda Kab. Semarang

 

 

Perayaan Hari Keluarga Nasional ke – 24

 

Hari Keluarga Nasional??

Masih banyak masyarakat yang tidak tahu apa itu Hari Keluarga Nasional, Kapan diperingati, untuk apa Hari Keluarga Nasional, dan masih banyak pertanyaan lainnya.

Hari Keluarga Nasional adalah hari yang diperingati keluarga di seluruh Indonesia sebagai hari lahirnya Program KB Nasional yang bertujuan untuk mengingatkan kepada masyarakat akan arti pentingnya keluarga. Harganas diperingati setiap tanggal 29 Juni.

Pada Tahun ini Puncak Hari keluarga Nasional dilaksanakan pada tanggal 13-15 Juli 2017 di Provinsi Lampung. Sedangakan di Provinsi Jawa Tengah puncak perayaan Harganas dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2017 di Kabupaten Purbalingga.

Momentum ini merupakan satu momentum dimana OPD KB di setiap Kabupaten gencar melaksanakan advokasi kepada masyarakat akan arti pentingnya Program KB sehingga tercipta keluarga yang berkualitas dengan mengedepankan 8 fungsi keluarga.

Dengan munculnya pertanyaan- pertanyaan yang menggelitik di atas, Remaja di Kecamatan Getasan yang tergabung dalam satu wadah yang disebut PIK GEMAS (Pusat Informasi dan Konseling Getasan Emas) bekerjasama dengan DP3AKB Kabupaten Semarang memperingati Hari Keluarga Nasional dengan cara yang unik. Kegiatan Harganas ke-24 ini di Kabupaten Semarang dirancang sedemikian rupa sehingga mengena di masyarakat.

Pada hari Minggu tanggal 2 Juli 2017, PIK Gemas dan DP3AKB Kabupaten Semarang mengadakan peringatan Harganas Tingkat Kabupaten Semarang di Pasar Getasan. Walaupun sederhana tapi sangat kena sasaran.

Adapun kegiatannya antara lain membagikan bunga kepada pengguna jalan di sekitar Pasar Getasan, Lomba Photoboth, Tari Tradisional, dan juga pembagian doorprise kepada masyarakat sekitar.

Antusiasisme warga maupun pengguna jalan terlihat jelas disini. Bahkan banyak yang pengguna jalan yang meluangkan waktu mereka untuk berhenti sejenak sekedar menyaksikan pertunjukan ataupun ikut lomba photoboth. Celetukan- celetukan kecil pun banyak terdengar. “Oo.. Hari Keluarga, tanggal berapa tow?”

Selama pelaksanaan kegiatan pembagian bunga bagi pengguna jalan tersungging senyum ramah para remaja atau Genrengers (sebutan untuk remaja PIK-red) sambil mengucapkan “Selamat hari Keluarga Nasional”, tak jemu juga mereka menjelaskan setiap ada pertanyaan dari pengguna jalan.

Selamat Hari Keluarga Nasional, Semoga keluarga kita selalu menjadi keluarga yang  berkualitas.

#Ora KB Ora Gayeng